PENGANTAR

Foto: Peristiwa pengangkatan (rapture) di akhir jaman (model: livy laurens)

Pengantar Buku

Ramalan tentang kiamat tahun 2012 telah menghebohkan dunia. Di Indonesia, kontroversi tentang prediksi ini telah menjadi komoditas bagi media massa cetak dan elektronik. Sementara itu, dari para ahli sampai paranormal, semua berlomba-lomba memberikan komentar dan analisis.

Menurut para fisikawan, aktivitas matahari akan memuncak dan memecahkan rekor pada tahun-tahun itu. Badai yang terjadi di matahari diduga akan berdampak sampai ke bumi. Ada lagi pakar yang mengatakan bahwa tata surya kita akan memasuki awan energi antar bintang. Planet bumi akan berjumpa dengan awan energi itu pada periode 2010-2020. Fakta-fakta itulah yang kemudian memicu prediksi hiperbolik tentang bencana besar yang akan terjadi pada tahun tersebut.

Ramalan juga datang dari kalangan non akademis. Menurut perhitungan penanggalan bangsa Maya kuna, dunia akan berakhir pada tahun 2012. Kalangan paranormal menilai angka 12 sebagai angka bencana tabrakan. Lalu, perhitungan dan kepercayaan itu dikait-kaitkan dengan kemungkinan terjadinya tabrakan antar planet atau banyaknya meteor yang akan menubruk bumi.

Sebagian orang apatis dengan prediksi-prediksi itu. Ada yang mengaggapnya sebagai penyesatan. Namun, tak sedikit yang menjadi bingung, cemas, dan khawatir. Ada pula sekte-sekte akhir jaman yang berperilaku keagamaan secara ekstrem. Atau, memuja pemimpin yang mereka anggap sebagai mesias yang muncul menjelang kiamat.

Bagaimana dengan anak-anak Tuhan? Kotbah, seminar, dan pengajaran tentang akhir jaman kini kembali merebak. Tak sedikit hamba Tuhan turut menubuatkan bahwa hari akhir itu sudah sangat dekat. Bahkan ada yang berani menyebut angka tahunnya. Sikap-sikap dan perilaku-perilaku ekstrem tak jarang dilakukan dengan meyakininya sebagai reaksi yang kudus dan imani.

Alkitab memang jelas menubuatkan kedatangan Kristus kedua kali (KKKK) yang sudah dekat. Namun, Alkitab juga memberikan pengajaran yang sistematis mengenai akhir jaman itu. Dan, Alkitab memberi petunjuk-petunjuk tentang bagaimana orang-orang Kristen harus bersikap, bertindak, dan berperilaku sehubungan dengan semua itu. Apa yang dikatakan Firman Tuhan tidak akan membingungkan dan menakutkan. Sebaliknya, akan menggugah iman dan membangkitkan pengharapan.

Buku ini pada dasarnya merupakan pengajaran Firman Tuhan yang utuh tentang masalah akhir jaman (eskatologi). Namun, dikemas dalam bentuk bunga rampai renungan-renungan singkat dan padat. Tujuannya, disamping menjadi paket pelajaran yang menarik, juga menjadi pengantar saat teduh. Sebuah pendalaman Alkitab yang bersifat kontemplatif.

Setiap renungan juga akan menyajikan fakta-fakta aktual yang relevan. Dengan demikian, tidak hanya bersifat teoritis namun juga praktis. Meskipun data-data yang disajikan bisa saja menimbulkan kecemasan, pola perenungan akan menuntun pembaca untuk bertumbuh dalam keyakinan yang Alkitabiah. Dicantumkan pula ”Kamus Akhir Jaman” yang menampilkan istilah-istilah eskatologis yang perlu dipelajari lebih lanjut.

Tujuh puluh tujuh renungan yang tersaji berikut ini mencakup pokok-pokok bahasan eskatologi tentang kedatangan Kristus kedua kali (KKKK) yang sudah dekat, dasar Alkitab tentang kedatangan-Nya, gereja akhir jaman, nubuatan-nubuatan akhir jaman, pengangkatan (rapture), masa aniaya besar (tribulasi), proses kedatangan Kristus yang kedua, pengadilan-pengadilan, kebangkitan orang mati, kerajaan seribu tahun, surga baru dan bumi baru, serta sikap-sikap yang Alkitabiah berkenaan dengan hari kiamat. Anda akan menguasai pelajaran Alkitab tentang akhir jaman sekaligus terbangun imannya untuk menyambut kedatangan Kristus kedua kali (KKKK) yang takkan lama lagi. Siapa tahu, buku ini menjadi renungan-renungan terakhir yang mengantarkan Anda untuk terangkat ketika Sang Mempelai Pria datang menjemput di awan-awan permai!

There are no comments on this page.

Leave a comment