B. KEGIATAN

RENUNGAN AKHIR JAMAN DI GEREJA GERAKAN PENTAKOSTA (21 MARET 2010)

Pada Minggu 21 Maret 2010, penulis buku “Renungan- Renungan Terakhir”, Haryadi Baskoro, mendapat kesempatan untuk menyampaikan Firman dalam Ibadah Minggu di Gereja Gerakan Pentakosta (GGP) Yogyakarta. Ibadah dilangsungkan di ruang pertemuan SD Bopkri Gondolayu Yogyakarta, pukul 12.00 siang. Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan renungan tentang akhir jaman, sekaligus mensosialisasikan buku karyanya.

Di gereja yang digembalakan oleh Bapak Pdt. Sugeng S.Miss ini, ia menekankan pentingnya kesiapan umat untuk menyambut kedatangan Kristus kedua kali. Mengenai kapan Yesus datang, tidak menjadi masalah. Malahan yang penting, jangan sampai pengajaran akhir jaman menyebabkan perpecahan karena perbedaan-perbedaan penafsiran antar gereja. Yang penting adalah mempersiapkan diri.

Sehubungan dengan akhir jaman, orang Kristen harus memiliki visi hidup yang illahi. Tidak sekedar menjalani “siklus hidup” seperti orang-orang duniawi. Kedatangan-Nya yang kedua mendorong kita untuk menjalani hidup yang melayani, yaitu menjadi hamba-hamba Tuhan yang setia bekerja bagi-Nya sampai saat kedatangan-Nya tiba. Demikian ditandaskan oleh sang penulis.

RENUNGAN AKHIR JAMAN DI GEREJA GEKINDO (21 MARET 2010)

Pada Minggu 21 Maret 2010 pagi, Haryadi Baskoro diundang untuk menyampaikan Firman di Ibadah Minggu Gereja GEKINDO Yogyakarta. Kesempatan itu digunakan untuk menyampaikan renungan tentang akhir jaman dan sekaligus sosialisasi buku “Renungan-Renungan Terakhir” karyanya. Selesai ibadah, penulis melanjutkan pelayanannya ke GGP Yogyakarta.

Dalam renungan itu, penulis menekankan kesucian hidup sebagai persiapan mutlak dalam menyambut kedatangan Kristus kedua kali. Peristiwa pengangkatan (rapture) pada dasarnya adalah puncak dari proses penyucian, yang dalam teologia disebut sebagai perfected sanctification atau glorification. Karena itu, sekarang, menuju rapture, orang percaya wajib bertumbuh dalam kekudusan (progresive sanctification) karena secara posisi sudah diberi status sebagai orang-orang kudus (positional sanctification).

Setelah Kristus mengangkat Gereja, segera orang-orang percaya memasuki persekutuan kekal bersama Kristus. Tidak ada lagi kesedihan, ratap tangis dan penderitaan. Sementara di bumi, orang-orang yang tertinggal, termasuk orang-orang kristen yang tidak ikut terangkat karena tidak memenuhi kualifikasi, akan masuk dalam masa kesusahan besar.

Meskipun bukan seorang pendeta, penulis sangat bersyukur karena sering diminta mengisi ibadah Minggu di banyak gereja, termasuk salah satunya di GEKINDO. Visi penulis adalah mendukung pertumbuhan gereja-gereja, semua denominasi, untuk menyambut kedatangan Kristus kedua kali.

SEMINAR AKHIR JAMAN DI PMK UPN YOGYAKARTA (5 & 19 MARET 2010)

Pada tanggal 5 dan 19 Maret 2010, Haryadi Baskoro diundang untuk menyampaikan seminar tentang akhir jaman di Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) UPN Veteran Yogyakarta. Undangan pelayanan ini menjadi suatu peneguhan tersendiri bagi penulisan dan penerbitan buku akhir jaman karyanya itu. Meskipun PMK UPN tidak tahu kalau penulis sedang akan menerbitkan buku akhir jaman, rupanya mereka digerakkan Roh Kudus untuk mengundang penulis sebagai pengajar eskatologi.

Pada 5 Maret 2010, penulis menyampaikan proses Gereja menuju akhir jaman. Masa kini merupakan masa “pertunangan” antara Gereja dengan Kristus. Mas kawin sudah diberikan, dengan darah Yesus orang percaya dibeli dan dibayar lunas. Pada masa pertunangan ini Sang Mempelai Pria (Kristus) juga menyatakan pemberian-pemberian berupa karunia-karunia Roh Kudus (spiritual gifts). Di akhir jaman nanti, Kristus menjemput kita dan membawa kita masuk dalam “Pernikahan Anak Domba” di sorga!

Pada 19 Maret 2010, penulis menyampaikan pengajaran Alkitab tentang pengangkatan (rapture) dan peristiwa-peristiwa sesudahnya. Pada kesempatan ini penulis ditemani oleh pengacara Hedy Christiyono Nugroho, SH yang ikut menjelaskan perkembangan mutakhir di dunia hukum dan ekonomi internasional, yang menunjukkan bahwa tanda-tanda kedatangan-Nya memang sudah dekat. Pada akhir seminar diadakan tanya jawab yang diikuti 60 mahasiswa dengan antusias.

There are no comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: